Thursday 10 July 2014

Pengamat UI Nilai Jokowi-JK Dapat Dukungan Tulus Dari Rakyat

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Edy Prasetyono melihat dukungan rakyat kepada pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi - JK) semakin besar. Hal tersebut terlihat pada saat konser dua jari yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (5/7) lalu. "Saya yakin Jokowi - JK akan menang pada pemilihan presiden tanggal 9 Juli 2014 yang akan datang. Dalam perdebatan dan kampanye di lapangan terbuka seperti di Stadion Gelora Bung Karno kemarin tampak dukungan yang genuine (tulus) yang sangat besar kepada Jokowi - JK ," ujar Edy di Jakarta, Minggu (6/7).

Oleh karena itu, dia tidak ragu Jokowi - JK akan meraup suara besar pada pemilihan presiden yang akan datang. Menurut Edy, salah satu hal yang perlu dikhawatirkan adalah tentang netralitas aparat keamanan. Maka dari itu, perhatian khusus perlu diberikan pada daerah-daerah atau kawasan pelosok yang sulit dilakukan pengawasan.

"Kondisi psikologis dan karakter massa yang rentan bisa menjadi obyek mobilisasi dan manipulasi," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, perhatian ekstra harus juga diberikan pada pengamanan kotak suara dan penghitungan suara. Ini adalah titik-titik rawan yang sulit diawasi. "Saya berharap suara rakyat dijaga dengan penuh tanggung jawab oleh aparat keamanan yang harus bersikap netral," pungkas dia.

Sumber: merdeka.com


EmoticonEmoticon